Membangun Perikanan Untuk Masyarakat Aru

Dahulu adalah PT Daya Guna Samudra 1970-2000 kemudian diambil alih oleh PT. Pusaka Benjina Resources. Perusahaan perikanan yang tampak seperti dermaga sederhana ini dibangun sejak tahun 2007. Perusahaan ini bergerak dalam bidang perikanan khususnya dalam hal penangkapan ikan, pengemasan, dan penjualan es ikan.

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada bulan Oktober 2012, masyarakat sekitar PT Pusaka Benjina Resources Dobo ini masih menggunakan sistem penangkapan ikan dari nelayan tradisional. PT Pusaka Benjina Resources Dobo merupakan perusahan penangkap ikan yang kemudian di jual pada nelayan Thailand. Tiap sekali penjualan hasl laut, sedikitnya adalah 200 ton ikan.

Selain bergerak dalam bisnis perikanan, perusaan ini menjual balok es yang dipasarkan dan dibeli kepada dan oleh nelayan lokal. Menurut hasil wawancara, PT Pusaka Benjina Resources Dobo tiap bulan memberikan kompensasi sebesar 400 juta. Namun sayangya masyarakat Aru tidak mendapatkannya.

PT. Pusaka Benjina Resources  merupakan perusahaan ikan terbesar di Kepulauan Aru. Karyawan PT. Pusaka Benjina Resources sejumlah 300 karyawan. Adapun prosentasi tenaga kerjanya adalah 85% karyawan lokal 15 % karyawan luar. Ikan-ikan yang berkualitas di jual di Thailand. Adapun ikan yang berkualitas buruk dijual di dalam.

Menurut pengamatan dan pengakuan informan, di dalam kapal-kapal yang karyawannya besar, terdapat ribuan pekerja dari asing. Pekerja lokal tidak mampu bersaing dalam hal kualifikasi menjadi pekerja pabrik profesional. Suatu ketika, pernah pelatihan sejumlah 100 orang yang dipandu oleh ILO. Namun pascapelatihan, tidak seorangpun yang diterima dan menerima di pabrik ikan besar. Orang asli Aru cenderung ingin kerja di darat dengan gaji besar.

Menurut pengakuan masyarakat setempat, sumbangsih pendidikan dari perusahaan kepada masyarkaat cenderung sangat kecil. Pihak perusahaan hanya memfasilitasi dua perahu dan TK, dan mengelola tiga SD untuk kelas jauh dengan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah setempat. Walapun demikian, pada acara-acara adat pabrik memberi ikan.


Masyarakat berharap, kendala berupa transportasi, komunikasi, sumber daya yang renah, cepat segera terselesaikan di Kepulauan Aru. Sehingga terdapatnya perusahaan ikan besar, mampu mensejahterakan masyarakat. Masyarakat juga berharap, perihal kompensasi, perlu ada perda khusus untuk kompensasi daerah Aru.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Membangun Perikanan Untuk Masyarakat Aru"

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    ReplyDelete