Gambaran Umum Lembaga Pendidikan di Kepulauan Aru

Berikut ini merupakan hasil studi tentang gambaran umum lembaga pendidikan di perbatasan. Lembaga pendidikan yang dileliti sebanyak empat sekolah. Beberapa sekolah tersebut di SMA Katolik Yos Sudarso, Sd Kristen Dabo, dan MTs Al-Hilal Dobo, dan SMP Negeri 1 Pulau-Pulau.  Pengumpulan data lapangan dilakukan dengan teknik wawancan, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisisnya mengenakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober tahun 2012.

Berikut ini merupakan gambaran umum dari empat lembaga pendidikan di Kepulauan Aru. Pertama, SMA Katolik Yos Sudarso berdiri tahun 15 Juli 1991. Pendirian SMA ini diprakarsai dengan semangat Yos Sudarso. Adapun aktor utama dalam pendirian SMA tersebut adalah seorang  Pendeta dua orang pribumi.  Kedua, MTs Al-Hilal berdiri sejak tahun 1996. Saat ini sekolah tersebut mendapatkan peringkat Akreditasi C . Kegiatan belajar mengajar dimulai sejak pukul 07.30 dan pulang jam 11.30 WIT. Hingga sekarang ini, MTs Al-Hilal masih gantian dalam penggunaan gedungnya dengan Madrasah Ibtidaiyah setempat.  Ketiga adalah SMP Negeri 1 Pulau-Pulau Aru. Sekolahan ini berdiri sejak tahun 1957.  SMP Negeri 1 Pulau-Pulau Aru mendapatkan Akreditasi B. Keempat selanjutnya adalah SD Kristen Dobo.  SD Kristen Dobo berdiri sejak tahun 2000 dengan akreditasii B. SD Kristen Dobo merupakan salah satu lembaga pendidikan SD unggulan yang kualitasnya terpercaaya menurut ukuran masyarakat Dobo.


Berdasarkan temuan umum dilapangan, terdapat dua temuan penting. Pertama, dari keemapt sekolah yang ada, terdapat keterbatasan SDM, sarana, dan keungan, dan semua standar mengalami keterbatasan. Kedua, Guru belum memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai sumber belajar berbasis lingkungan. 
Blogger
Disqus

No comments